Turan: Tidak Mudah Memainkan Tiki-Taka

Judi Poker Online

Turan, Tidak Mudah Memainkan Tiki-Taka

Boladiator.com – Gaya permainan sepak bola modern tak lepas dari strategi tiki-taka yang diperagakan Barcelona. Bahkan taktik yang diracik serta dikembangkan oleh Pep Guardiola pada masa jabatannya bersama Blaugrana itu berhasil membuahkan hasil yang luar biasa.

Dengan tiki-taka, Barcelona meraih kesuksesan besar di seluruh ajang bergengsi, mulai dari kompetisi Spanyol, Eropa sampai dunia. Enam trofi di tahun 2009 dan lima trofi di tahun 2015 sepertinya sudah cukup membuktikan bahwa tiki-taka adalah strategi mematikan bagi tim lawan.

Tiki-taka memang sangat indah ditonton, namun faktanya gaya bermain ini sangat sulit dilatih dan dimainkan di lapangan. Tiki-Taka merupakan taktik bermain dengan umpan-umpan pendek serta para pemain yang selalu bergerak dinamis.

Dalam sebuah pertandingan, tim yang memperagakan tiki-taka akan terlihat sangat dominan dalam penguasaan bola. Lawan pun akan dipaksa untuk terlus berlari mengejar bola yang berpindah dinamis dari kaki ke kaki.

Tidak banyak tim dan pemain yang bisa fasih memainkan gaya sepak bola indah ini, terkecuali Barcelona. Bahkan meskipun era Guardiola telah digantikan oleh Enrique, Barca tetap menerapkan strategi tersebut untuk menjadi penguasa di Eropa dan dunia.

Turan, Tidak Mudah Memainkan Tiki-TakaTuran, Tidak Mudah Memainkan Tiki-Taka

Pemain Barcelona yang baru memulai debut di pertengahan musim ini, Arda Turan pun turut mengakui bahwa tiki-taka sangat sulit dilakukan. Pasalnya strategi ini sangat butuh kekompakan dari seluruh pemain.

“Dari luar, ini terlihat seperti catur, memang terlihat mudah dimainkan. Namun faktanya, tiki-taka itu tidak mudah dilakukan,” ujar Arda Turan pada Soccerway.

Saat sebuah tim memperagakan tiki-taka, setiap pemain memiliki tugas serta posisi masing-masing. Sama halnya seperti catur, orang yang melihat mungkin akan menganggap itu mudah dilakukan. Namun saat dilakukan sendiri, ini sangat sulit.

“Setiap pemain punya tugas, posisi dan setiap pemain harus memenuhi tugas mereka,” tambah Turan. “Ini seperti sebuah permainan catur dan itu sama sekali tidak mudah.”

Pada pertandingan terakhir, Barcelona mampu membuat Arsenal kesulitan meladeni tiki-taka yang diperagakan di Emirates Stadium, Rabu (24/2) dinihari kemarin. Alhasil, The Gunners mesti menyerah 0-2 dari tim tamu.