Pencapaian Mourinho yang Membuatnya Layak Direkrut MU

Judi Poker Online

Pencapaian Mourinho Membuatnya Direkrut MU

Boladiator.com – Pelatih berpaspor Portugal, Jose Mourinho, telah resmi didaulat jadi arsitek anyar Manchester United pada Jumat (27/5) lalu. Eks pelatih Chelsea serta Real Madrd itu meneken perjanjian kontrak berdurasi tiga musim yang akan membuatnya berkiprah di Old Trafford sampai 30 Juli 2019 mendatang. Mourinho menggantikan Louis van Gaal yang dipecat manajemen tim, Senin (23/5). Pelatih asal Belanda itu dinilai tidak berhasil mengangkat penampilan Setan Merah, walau berhasil menghadirkan trofi FA Cup 2015/16.

Jose Mourinho disebut-sebut sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia pada saat ini. Dia sudah berhasil memenangi banyak trofi bergengsi serta memberikan inspirasi bagi para pemain di daratan Eropa. Menurut Ed Woodward, Wakil Ketua MU, Mou adalah sosok yang telah paham betul soal seluk beluk Premier League.

Mulai sejak mengawali karier kepelatihannya pada tahun 2000, Jose Mourinho sudah mengatasi enam tim di beberapa negara Eropa. Pelatih yang saat ini berumur 53 tahun itu sudah menghadirkan total keseluruhan 32 trofi, termasuk dua trofi Liga Champions berbarengan FC Porto (2003/04) serta Inter Milan (2009/10). Hanya itukah prestasi yang bisa dibanggakan?

Pencapaian Mourinho Membuatnya Direkrut MU

Tentu saja tidak, Mou merupakan pelatih berpengalaman dengan enam tim berbeda di lima liga top Eropa. Mulai dari Benfica (2000), berlanjut ke Uniao de Leiria di dua musim berikutnya, FC Porto (2002-2004), Chelsea (2004-2007), Inter Milan (2008-2010), Real Madrid (2010-2013), dan kembali lagi ke Chelsea (2013-2015). Dari seluruh pertandingan yang sudah ia lakoni, Mou secara keseluruhan sudah menjalani 513 laga.

Berbarengan The Blues, Mourinho menghadirkan berhasil lima gelar, termasuk tiga titel juara Premier League, satu trofi FA CUp, serta satu Community Shield. Pada musim 2014/15 lalu, Mourinho yang ‘pulang’ ke Chelsea berhasil mengusung The Londoners keluar menjadi kampiun liga dengan jumlah angka 85. Akan tetapi, tujuh bulan berselang, ia justru dipecat lantaran penampilan tim yang menurun drastis, sampai-sampai di awal musim mereka pernah bercokol nyaris di zona degradasi.

Di kompetisi Eropa, Mourinho punya prosentase kemenangan mencapai 54%. Sementara di Premier League, prosentase kemenangannya 66%. Tentunya pencapaian itu cukup layak untuk menjadi pelatih tim sebesar MU.