Pelatih Nyentrik Di Balik Keberhasilan Portugal Di Piala Eropa 2016

Judi Poker Online

Pelatih Nyentrik Di Balik Keberhasilan Portugal

Boladiator.com Di balik sebuah tim sukses, pastinya ada sosok yang sangat hebat di belakangnya. Begitu pula dengan Portugal yang baru saja menasbihkan dirinya sebagai juara Piala Eropa 2016. Fernando Santos adalah orang dibaik kesuksesan portugal kala mengalahkan lawan-lawan mereka dari babak 16 besar hingga babak final. Namun, sebenarnya siapakah sosok pelath nyentrik yang berhasil mengakhrii puasa gelar untuk Portugal itu?

Fernando Santos adalah pelatih asli portugal. Dia lahir di kota Lisbon pada tanggal 10 Oktober 1954. Sebagai pelatih, dia memiliki gaya yang khas, yakni selalu mengandalakan pertahanan yang kuat. Wajar saja karena dulu, ketika dia masih aktif bermain, dia berposisi sebagai bek kiri handal. Dia bermain dari tahun 1973 sampai 1987, dan hanya untuk dua klub saja, yakni C.S Mantimo dan Estoril, yang sama-sama merupakan klub asli Portugal.

Sebagai pelatih, boleh dibilang Santos memiliki cerita yang lebih berwarna dibanding pelatih lainnya, karena sejak melatih di tahun 1988, dia sudah melatih 11 tim. Dia juga salah satu pelatih yang pernah melatih tiga klub raksasa Portugal, Sporting Lisbon, FC Porto dan Benfica. Selain itu, sarjana di bidang teknik elektro dan telekomunikasi ini juga sempat mencicipi aroma persaingan di liga Yunani dengan menangani beberapa tim, seperti PAOK, Pananthinaikos, dan AEK Athens.

Pelatih Nyentrik Di Balik Keberhasilan Portugal

Di level timnas, karis Santos dimulai sejak tahun 2010. Kala itu dia mencoba pengalaman melatih timnas dengan menjadi pelatih Yunani, menggantikan Otto Rehhegel, yang sempat membawa Yunani juara Piala Eropa 2004. Prestasi Santos untuk Yunani juga terbilang bagus, karena sanggup membawa Yunani tampil di Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014. Selain itu, di Piala Dunia terakhir, Santos juga bisa mengukir sejarah bagi Yunani, yakni bisa lolos ke babak knock out untuk pertama kali.

Kemudian karirnya berlanjut dengan melatih Portugal dengan membawa gaya permainan bertahan yang kuat. Meski di awal sempat dikritik karena permainannya yang dinilai sangat membosankan, namun akhirnya Santos berhasil membuktikan bahwa dia berhasil memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk sepak bola Portugal.

“Tentu saja saya lebih memilih sepak bola yang bagus dengan meraih banyak kemenangan dibandingkan memainkan sepak bola menghibur,” kata Santos ketika mengalahkan Kroasia di babak 16 besar lalu.