Jersey Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2016 Dibuat di Indonesia

Judi Poker Online

Jersey Timnas Inggris Dibuat di Indonesia

Boladiator.com – Tahukah Anda kalau ternyata timnas Inggris bakal menggunakan jersey buatan Indonesia untuk turnamen bergengsi, Piala Eropa 2016. Tapi sangat disayangkan karena banderol jersey tempur The Three Lions itu lebih mahal dibandingkan dengan bayaran buruh-buruh yang bekerja membuat jersey tersebut.

Sebelumnya Inggris telah resmi meluncurkan jersey yang bakal mereka pakai untuk Piala Eropa 2016 pada Maret lalu. Sama halnya dengan saat berkiprah di Piala Dunia 2014 silam, jersey skuad The Three Lions masihlah didukung oleh perusahaan apparel asal Amerika Serikat, Nike. Akan tetapi, jersey yang dipakai Wayne Rooney dkk rupanya tak diproduksi langsung di Eropa maupun di Amerika, tetapi justru di Indonesia

Ya, tepatnya di Kota Semarang. PT Grand Best Indonesia dipercaya oleh Nike untuk memproduksi jersey timnas Inggris edisi Piala Eropa 2016. Tentu saja hal ini begitu membanggakan bagi Tanah Air. Kendati demikian, pembuatan jersey Tiga Singa ini memperoleh kritikan tajam dari publik. Seperti ditulis The Sun, pekerja di PT Grand Best Indonesia yang 93% merupakan kaum wanita, ternyata cuma memperoleh bayaran 95 penny per jam atau 165 poundsterling (Rp 3,1 juta) per bulan, dengan agenda kerja lima hari dalam satu minggu.

Jersey Timnas Inggris Dibuat di Indonesia

Upah yang diterima pekerja tersebut termasuk rendah, lantaran kostum timnas Inggris dilego dengan banderol 60 poundsterling atau setara dengan Rp 1,1 juta. Itu berarti, gaji buruh yang memproduksi jersey Inggris cuma dapat membeli dua buah jersey skuad bimbingan Roy Hodgson itu.

“Nilai itu nyaris setengah dari upah kami dalam satu bulan. Dengan dana Rp 1,1 juta, Anda dapat membeli sebuah laptop, TV atau sepeda bagi anak Anda untuk pergi ke sekolah,” tutur salah seseorang buruh di PT Grand Best Indonesia, Karina. Bila dibandingkan dengan gaji buruh di Inggris, bayaran pekerja di PT Grand Best Indonesia sangat jauh selisihnya.

Seperti diketahui, buruh pembuat jersey di Inggris mendapatkan gaji 7,4 poundsterling setiap jamnya atau setara Rp 143 ribu. Itu artinya setiap bulan para pekerja menerima gaji lebih dari Rp 20 juta. Akan tetapi, upah yang diterima buruh di PT Grand Best Indonesia termasuk besar bagi ukuran Kota Semarang. Pasalnya, Upah Minimal Regional (UMR) Kota Semarang saat ini cuma ada di angka Rp 1,9 juta.