Gabor Kiraly, Semakin Tua Makin Jadi

Judi Poker Online

Gabor Kiraly, Semakin Tua Makin Jadi

Boladiator.com – Gabor Kiraly dipercaya untuk tampil di laga perdana Hungaria pada Piala Eropa 2016. Hal itu membuat sang penjaga gawang resmi menjadi pemain tertua yang pernah tampil di gelaran Piala Eropa. Penjaga gawang dengan julukan ‘Sang Pria Piyama’ itu memberi warna tersendiri dengan menjadi penjaga gawang Hungaria pertama yang melakukan clean sheet.

Kiraly masuk dalam starting XI pada saat Hungaria memulai petualangan di grup F. Berlaga di Stade de Bordeaux, Selasa (14/6) malam WIB, Hungaria menaklukkan Austria 2-0. Bukan cuma dua pencetak gol Hungaria, Adam Szalai serta Zoltan Stieber, yang menjadi sorotan dalam laga tersebut. Namun, sang penjaga gawang, Kiraly juga jadi sosok utama yang patut menuai pujian.

Aksi sang pemain tertua sukses menyelamatkan gawang Hungaria dari kebobolan. Menurut catatan Opta, dia adalah penjaga gawang pertama bagi timnas Hungaria yang sukses menjaga gawang tetap tanpa kebobolan sampai akhir laga. Dalam pertanidngan tersebut, Kiraly tampil dengan fashion andalannya, yakni celana panjang abu-abu.

Performanya juga terbilang cukup fantastis. Kiraly sukses melakukan beberapa penyelamatan, termasuk saat menghentikan tendangan Zlatko Junuzovic pada menit ke-35. Dia juga meredam tendangan David Alaba. Kelebihan Kiraly lainnya adalah ia melakukan aksi luar biasa itu pada umur 40 tahun 74 hari. Dia bukan hanya jadi yang tertua di Piala Eropa tahun ini, tapi sepanjang sejarah.

Gabor Kiraly, Semakin Tua Makin Jadi

Kiraly seperti bisa dibilang seperti pepatah ‘semakin tua semakin jadi’. “Kiraly tentu saja layak diberikan penghargaan atas usaha keras yang ia lakukan sepanjang bertahun-tahun lamanya,” kata pelatih timnas Hungaria, Bernd Storck.

Bukan hanya dari sang pelatih, tapi rekan setimnya, Laszlo Kleinheisler juga mengagumi performa Kiraly sepanjang pertandingan. “Selamat kepada Gaor Kiraly serta Zoltan Gera. Usia mereka memang tua, namun saya merasa senang bisa tampil bersama mereka di tim ini,” paparnya. Menurut UEFA, sebelum kiper Hungaria ini, pemain tertua yang pernah tampil di Piala Eropa adalah berumur 39 tahun 91 hari. Dia adalah pemain tengah legendaris Jerman, Lothar Matthaeus di gelaran Piala Eropa 2000.