Fakta Menarik di Balik Trofi Perdana Portugal di Ajang Besar

Judi Poker Online

Fakta Menarik Trofi Perdana Portugal

Boladiator.com – Kesuksesan Portugal mengangkat trofi Piala Eropa 2016 menyisakan beberapa fakta menarik. Satu diantaranya merupakan mengenai jumlah laga yang mesti mereka lakukan untuk sampai merebut tangga juara. Portugal berhasil menaklukkan tim tuan rumah, Prancis, yang awalnya lebih diunggulkan untuk keluar sebagai juara.

Pada final di Stade de France, Senin (11/7) dinihari WIB, A Selecao menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol Eder pada babak perpanjangan waktu. Ini merupakan trofi Portugal yang pertama pada kompetisi Piala Eropa serta di ajang besar lainnya. Mereka menyudahi puasa gelar sesudah melewati 35 laga di Piala Eropa.

Mulai sejak Piala Eropa pertaama kali bergulir pada tahun 1960 silam, Portugal resmi jadi negara kesepuluh yang menyabet titel bergengsi itu. Portugal mengikuti jejak beberapa negara besar seperti Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Belnada, dan beberapa juara kejutan seperti Uni Soviet, Cekoslovakia, Denmark, dan Yunani.

Fakta unik lainnya di balik kesuksesan Portugal di ajang Piala Eropa 2016 adalah menjadi tim pertama sepanjang sejarah kejuaraan, yang melakoni tiga kali babak extra time dalam satu ajang. Sebelum extra time kontra Prancis, Portugal juga sempat melalui extra time saat menghadapi Kroasia di fase 16 besar dan saat berjumpa Polandia di perempat final. Bahkan perjuangan Portugal dalam mencetak gol juga terlihat dalam usaha melepaskan shot on goal sepanjang pertandingan.

Fakta Menarik Trofi Perdana Portugal

Pada saat melawan Prancis di final, Portugal mesti menanti sampai menit 80’ untuk melepas tendangan tepat sasaran pertama mereka. Bahkan catatan ini merupakan yang paling lama bagi tim finalis Piala Eropa. Bahkan dari total pertandingan selama 720 menit dalam tujuh laga di Piala Eropa 2016, Portugal hanya merasakan keadaan unggul sepanjang 73 menit saja.

Sementara itu bagi tim tuan rumah, kekalahan ini sangat memilukan bagi Prancis. Untuk kali pertama dalam 20.454 hari, Les Blues takluk dalam satu ajang besar di rumah sendiri. Kekalahan terakhir mereka di ajang besar saat menjadi tuan rumah adalah pada 9 Juli 1960 silam. Selamat untuk Portugal!